jendela aluminium

Cara Memasang Kusen Pintu Jendela Alumunium

Pemilihan kusen pintu jendela merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk keindahan dan kesesuaian tema yang telah anda tentukan dalam rumah anda. Jika pada waktu sebelumnya kusen kayu banyak dipilih sebagai bahan untuk kusen jendela, namun kini bahan kayu sepertinya sudah mulai ditinggalkan. Kemampuannya yang dianggap lemah menghadapi penyakit seperti rayap dan ngengat membuat kusen kayu bukan lagi pilihan utama.

jendela aluminiumSaat ini kusen dari bahan Alumunium banyak dijadikan pilihan oleh sebagian besar orang, karena kemampuannya bertahan terhadap serangan rayap dan bisa bertahan dalam segala cuaca, selain itu berat jenis bahan alumunium yang lebih ringan daripada bahan kayu membuat alumunium lebih ringan jika dibentuk kusen pintu jendela.

Kendati banyak menjadi pilihan masyarakat namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasangnya di dinding rumah anda, karena tidak seperti kayu yang jika sedikit cacat bisa dinormalkan kembali, kusen alumunium memiliki sifat yang apabila terjadi kesalahan saat pemasangan maka akan susah dikembalikan ke bentuk semula.

Oleh karena itu berikut ini ada cara pemasangan kusen alumunium yang bisa anda jadikan referensi :

  • Persiapkan lubang pada dinding batu bata atau dinding gypsum anda sesuai ukuran kusen yang akan di pasang dengan melebihkan ukuran 1 cm lebih lebar daripada kusen yang akan dipasang, karena kelebihan 1cm akan dipakai sebagai tempat untuk sealant.
  • Coba pasang kusen pada lubang yang telah dibuat, lalu dengan sedikit setting lakukan pada kusen alumunium anda agar diperoleh kusen yang tegak lurus terhadap dinding.
  • Ketika sudah dicapai posisi yang sudah tegak lurus, kemudian anda bisa membuat lubang fischer pada dinding sesuai dengan lubang yang telah tersedia pada kusen alumunium. Pastikan anda telah mempersiapkan fischer (paku skrup) dan bor beton listrik.
  • Jika lubang fischer sudah dibuat, maka segera pasangkan paku fischer untuk mengikat kusen agar bisa berdiri dan menempel pada dinding.
  • Pastikan anda telah mempersiapkan pintu dengan kaca yang telah terpasang dengan benar pada lubang kaca, selama daun pintu belum terpasang dengan benar ada baiknya anda tidak merusak isolasi bawaan daun pintu dan kaca. Hal ini dilakukan karena selama proses pemasangan akan sangat memungkinkan terjadinya gesekan atau goresan yang bisa mengurangi keindahan kusen maupun daun pintu.
  • Pasangkan daun pintu pada kusen dengan tepat, lalu lengkapi dengan aksesories yang telah dipersiapkan mulai dari engsel, handle, door closer dan lain sebagainya.
  • Finishing dilakukan dengan menggunakan mortar, sealant, mortar untuk menutup celah pada dinding gypsum atau dinding bata.

Beberapa tips diatas adalah diambil dari beberapa sumber dan berdasarkan pengalaman membuat dan memasangnya. Nantikan tips kami berikutnya hanya melalui web kami toko aluminium bogor.