kusen aluminium

Mau Tahu Perbandingan Nyata Kusen Aluminium Dan Kayu?

Tahukah Anda bahwa kusen yang merupakan bagian penting dalam pemasangan pintu dan jendela, kini memiliki banyak variasi bahan dan jenis? Jika dahulu hanya melulu berbahan kayu, kini sudah ada pesaingnya yaitu kusen aluminium yang dinilai merupakan terobosan baru dengan segenap keunggulan yang diusungnya. Lantas bagaimana sebenarnya perbandingan kedua jenis kusen tersebut?

kusen aluminiumKalau menilik sejarah hadirnya kusen, memang sudah berabad yang lalu, di Indonesia sendiri banyak bangunan peninggalan kerajaan zaman dahulu yang sudah menggunakan kusen sebagai bagian dari arsitekturnya. Sebab kusen memiliki fungsi yang sangat penting, terutama memperkokoh keberadaan jendela atau pintu pada suatu rumah, sehingga tidak merusak estetika bangunan. Awalnya kusen terbuat dari pelepah kayu biasa yang didapatkan dari hutan dan dibentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan, biasanya bidang kusen lebih besar sekitar 10 cm dari bidang jendela atau pintu.

Ini Perbandingan Terkini Kusen Aluminium dan Kusen Kayu

Dari sekian banyak jenis kusen, dua yang paling favorit digunakan memang kusen aluminium minimalis dan kusen kayu. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, seperti penjelasan berikut ini.

Kelebihan

Kusen berbahan dasar aluminium memiliki kelebihan dalam hal desain yang lebih banyak sesuai dengan keinginan konsumen. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi para arsitek atau pencinta arsitektur bangunan yang ingin mengembangkan kreativitas dengan mencoba desain-desain uniknya. Kelebihan selanjutnya adalah tahan lebih lama, sehingga tak perlu gonta-ganti kusen puluhan tahun, sebab dijamin kusen jenis ini anti rayap, tak mudah terbakar, anti bocor dan tidak akan mengalami susut volume akibat usia. Selanjutnya adalah biaya pemasangan hingga perawatan yang cenderung murah ketimbang kusen jenis lainnya. dan soal harga terbilang lebih murah.

Kusen berbahan dasar kayu  kelebihannya adalah mampu dibentuk sesuai keinginan, alami dan memberikan kesan elegan, banyak pilihan jenis kayu yang bisa dijadikan bahan kusen, mulai dari kayu termahal hingga kayu biasa sesuai anggaran dari konsumen. Fleksibel dalam desain, dan dikenal cukup mampu bertahan pada cuaca panas atau dingin selama waktu tertentu. Jika Anda ingin kusen dengan ukiran, juga banyak pengrajin yang siap merealisasikan keingingan Anda secara nyata.

Kekurangan

Kusen berbahan dasar aluminium desain terkesan kaku, karena dibuat dari beberapa batangan kusen yang kemudian disambungkan menjadi satu. Kemungkinan terjadinya kebocoran sangat tinggi jika perhitungan kerapatan yang diterapkan salah. Kusen jenis ini sangat berkaitan dengan kekuatan sekrup yang ditanamkan pada dinding saat pemasangan. Jika sekrup longgar otomatis kusen akan mudah terbuka kembali.

Kusen berbahan kayu saat ini sangat sulit menemukan jenis kayu yang baik untuk dijadikan kusen karena terjadinya penebangan liar yang terjadi terus menerus, alhasil kebanyakan kusen kayu tak tahan lama dan mudah dimakan rayap. Biaya perawatannya relatif tinggi sehingga banyak yang mengeluhkan biaya tersebut. dan soal biaya pembuatan kusen juga terbilang mahal, apalagi jika menggunakan kayu kelas utama yang susah ditemukan.

Dari kelebihan dan kekurangan masing-maisng jenis kusen tadi, memang terlihat bahwa pada dasarnya kedua jenis kusen baik kayu maupun kusen aluminium di Jakarta ini sebenarnya sama-sama bisa digunakan, namun intinga harus teliti dalam memilih dan haruslah dipasang oleh orang yang berpengalaman agar tahan lama dan tidak salah pasang.

Ini Dia Jenis Kusen Aluminium Yang Sering Dipakai

Walaupun memiliki sejumlah kekurangan, kusen berbahan aluminium tetap saja yang lebih banyak dipakai oleh masyarakat, tentunya karena pertimbangan harga lebih murah dan lebih ringan saat digunakan. Makanya banyak jenis kusen ini yang kemudian diburu masyarakat. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Tutup Z

Merupakan rangka kusen berbahan aluminium yang berbentuk huruf Z dan merupakan penutup bagian atas sebuah kusen. Biasanya digunakan untuk kusen jendela di bagian pinggir bangunan

  1. Tutup Rata

Kusen yang bentuknya mengikuti bentuk rangka kusen, dan berfungsi menutup bagian kusen agar lebih tahan dan tidak goyah.

  1. Open Back

Jenis kusen standar yang sering digunakan untuk membangun sebuah pintu. Biasanya diletakkan di bagian bawah pintu agar lebih kuat menyangga pintu.

  1. Tutup M

Merupakan bagian penutup untuk kusen berbentuk M, dan biasanya digunakan untuk beberapa jenis jendela aluminium.

  1. Profil M

Digunakan untuk menahan kaca mati yang dipakai pada jendela atau pintu. Keunggulannya adalah bisa membuat produk jendela atau pintu kedap suara dan juga memaksimalkan fungsi buka tutupnya secara lebih sempurna.

Yuk Kenali Bagian Kusen Aluminium Ini

Pada umumnya kusen memang digunakan untuk memasang pintu dan jendela pada sebuah bangunan. Walaupun hanya berukuran kecil, namun ternyata produk ini memiliki bagian-bagian pentingnya sendiri, terutama pada kusen aluminium murah berikut.

Dimulai dari bagian tiang kusen, yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran jendela atau pintu yang akan dipasang, lalu ada yang namanya ambang atau dikenal dengan istilah dorpel, yang biasanya akan ada pada kusen jendela, kemudian ada lagi bagian sponneng yang menjadi lokasi merekatkan jendela atau pintu, ada pula yang disebut telinga atau bagian belakang tiang, yang berfungsi sebagai penyangga kusen sehingga tetap kokoh pada kedudukannya, selain itu juga berfungsi mencegah efek penyusuan bahan. Kemudian angkur yang ditempel menggunakan sekrup pada bagian belakang tiang, untuk memperkuat hubungan kusen dengan tembok. Dan terakhir ada bagian Duk yang terletak di bagian bawah tiang kusen pintu, sebagai upaya pencegahan kebocoran yang bisa saja merembes hingga bagian atas pintu.

Dengan mengetahui bagian dari kusen tersebut setidaknya jika Anda berniat memasang kusen baru di rumah, akan lebih bisa mengawasi pemasangan dan melihat apakah penempatan bagian-bagian kusen sudah benar, jika belum tentunya Anda bisa segera mengetahui dan meminta pekerja melakukan perbaikan segera.

Tips Agar Kusen Aluminium Tahan Lama

Beberapa tips agar kusen aluminium Anda tahan lama adalah dengan lakukan perawatan berkala dengan membersihkan menggunakan kain lap basah jika sudah kotor. Disarankan untuk melakukan perawatan seminggu sekali. Selain itu pastikan kusen terhindar dari segala bentuk benturan agar tetap tahan hingga waktu yang sangat lama, agar Anda tidak perlu keluar duit lagi untuk mengganti kusen pintu atau jendela Anda. tips berikutnya adalah memilih bahan kusen yang memang mampu bertahan lebih lama, seperti aluminium atau upvc. Dan tips terakhir adalah, pastikan kusen Anda selalu digunakan sesuai dengan fungsinya, jangan menjadikannya tempat gantungan apapun, karena hanya akan merusak kusen itu sendiri.

Keberadaan kusen pada sebuah rumah memang sangat penting, bukan saja sebagai peyangga pintu dan jendela, tapi memang mempengaruhi estetika bangunan, jadi jangan pernah meremehkan keberadaan kusen terutama kusen aluminium murah, sebab produk ini akan memberikan kesempurnaan bagi arsitektur rumah Anda dan membuatnya tahan lama tanpa harus melakukan banyak perubahan. Dan Anda bisa menambung lebih banyak untuk keperluan yang lebih prioritas, ketimbang menggunakan jenis kusen lainnya.

:
  • harga kusen aluminium kaca mati