pintu aluminium

Pintu Aluminium Dan Manfaatnya

Pintu alumunium bisa dibedakan berdasarkan komponen yang digunakan sebagai pendukung pembuatan pintu dengan bahan utama alumunium. Beberapa jenis pintu dengan bahan utama alumunium bedasarkan komponen pendukungnya bisa dibagi menjadi :

  1. Pintu alumunium kaca. Pintu dengan jenis ini merupakan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Rangkaiannya merupakan alumunium sedangkan badan dari pintu tersebut terbuat dari kaca secara keseluruhan. Pintu dengan jenis ini banyak kita temukan di perkantoran. Selain karena modelnya yang sangat praktis dan sangat menarik. Pintu jenis ini juga mempunyai harga yang dapat dikatakan sangat bersaing.
  2. Pintu alumunium kawat nyamuk. Pintu ini menggunakan bahan tambahan berupa kawat yang bisa menangkal masuknya nyamuk ke ruangan yang terdapat pintu dengan alumunium. Pintu jenis ini memiliki fungsi utamanya yaitu untuk mencegah terjadinya kemalingn, namun karena menggunakan material kawat sehingga fungsi dari pintu ini bertambah banyak yang kemudian minat masyarakat pun ikut naik terhadap pintu dengan jenis ini.
  3. Pintu alumunium panel. Pintu jenis ini masih sangat jarang kita temukan digunakan terutama di Indonesia. Penyebabnya karena memang harga yang ditawarkan masih sangat tinggi bagi orang Indonesia. Penerapan pintu jenis ini biasanya digunakan untuk pintu utama maupun pintu kamar mandi dengan model pintu yang akan terlihat sangat elegan.

pintu aluminium

Jenis pintu alumunium juga bisa dibedakan berdasarkan modelnya atau untuk lebih mudah untuk dipahami berdasarkan cara membuka pintu. Diantaranya adalah :

  1. Pintu alumunium swing. Pintu dengan cara buka swing paling banyak kita temui di Indonesia pada khususnnya. Pintu jenis ini biasanya dapat kita temukan di rumah sakit maupun di perkantoran. Cara bukanya pun sangat mudah hanya dengan mengayun ke arah samping pintu. Pintu jenis ini bisa dibuat dengan satu pintu maupun dengan dua pintu tergantung kepada sedain dan juga bagaimana peletakan pintu tersebut.
  2. Pintu alumunium folding. Cara membuka pintu jenis ini hanya dengan melipat daun pintu. Karena menggunakan sistem lipat, pintu jenis ini minimal harus terdiri atas dua pintu yang saling menempel satu sama lain. Biasanya pintu dengan jenis ini banyak digunakan untuk pintu garasi ataupun digunakan sebagai pintu untuk memisahkan ruangan yang luas.

Sebenarnya masih banyak jenis pintu alumunium berdasarkan cara membukanya. Namun dari sekian banyak cara membuka pintu tersebut yang paling populer adalah pintu alumunium swing dan pintu alumunium folding atau pintu alumunium lipat.